Ketika suatu keputusan telah bulat, maka seharusnya tidak ada lagi keragu-raguan di dalamnya. Jalani, terjang gelombang dan badai kehidupan yang menghadang sebagai konsekuensi . Tiada penyesalan!! Hidup memang pilihan, tetapi pilihan untuk kembali mundur bukanlah sebaik-baik pilihan.

Infrastruktur


 Perhubungan Darat
Guna menunjang kelancaran perhubungan darat di Kabupaten Bengkalis hingga saat ini tercatat panjang jalan 2.426.182 km, terdiri dari jalan aspal 439.058 km, jalan kerikil 26.308 km, jalan tanah 1.455.598 km. Untuk kota Duri dan Sungai Pakning terdapat jaringan jalan darat yang dapat menghubungkan kota Pekanbaru dan kota-kota lainnya di Sumatera.
Disamping itu terdapat ferry penyeberangan (RO-RO) yang menghubungkan ibukota Kabupaten Bengkalis di pulau Bengkalis dengan Sungai Pakning dengan kapasitas 7 buah kendaraan roda empat, sehingga dapat menghubungkan Pulau Bengkalis dengan kota-kota di daratan pulau Sumatera. Untuk lebih memperlancar sistem transportasi guna mendayagunakan potensi yang berada di wilayah Kepulauan di Kabupaten Bengkalis, saat ini sedang ditawarkan kepada investor untuk membangun Dermaga dan ferry penyeberangan (RORO) yang menghubungkan Pulau Rupat - Sumatera (Dumai), Pulau Padang -Sumatera, Pulau Tebing Tinggi- Pulau Padang.
 Perhubungan Laut
Karena sebagian besar wilayah Kabupaten Bengkalis merupakan wilayah kepulauan, maka tranportasi menggunakan angkutan air/laut lebih dominan Terdapat Pelabuhan eksport di Sungai Pakning dan beberapa pelabuhan domestik, yaitu di Selatpanjang, Bengkalis dan Sungai Pakning.Melalui pelabuhan domestik tersebut terdapat kapal-kapal yang melayani rute ke Pekanbaru, Batam dan Dumai serta terdapat kapal yang melayani rute Bengkalis-Muar (Malaysia). Kemudian direncanakan pembangunan pelabuhan eksport/Samudra di Buruk bakul dan diupayakan investasi pembangunannya berasal dari pihak swasta ( investor) dengan kerjasama pihak Pemerintah Kabupaten Bengkalis.
 Perhubungan Udara
Percepatan pencapaian Visi & Misi Tahun 2020 memerlukan adanya sarana transportasi untuk percepatan pengembangan wilayah seperti dengan adanya Bandar Udara. Bandar Udara Sei.Selari yang dimiliki Kabupaten Bengkalis yang terdapat di Kecamatan Bukit Batu dengan Ibu Kota Kecamatan Sungai Pakning memilki status Bandara Udara khusus yang dapat melayani penerbangan umum dikelola oleh Pemerintah Bengkalis bersama Pertamina UP.II Sungai Pakning.


0 komentar:

Posting Komentar