Ketika suatu keputusan telah bulat, maka seharusnya tidak ada lagi keragu-raguan di dalamnya. Jalani, terjang gelombang dan badai kehidupan yang menghadang sebagai konsekuensi . Tiada penyesalan!! Hidup memang pilihan, tetapi pilihan untuk kembali mundur bukanlah sebaik-baik pilihan.

DESA SUNGAI SELARI


Desa Sungai Selari adalah salah satu Desa di Indonnesia yang terletak di Kecamatan Bukit Batu Kabupaten Bengkalis Propinsi Riau yang telah ada sebelum diproklamirkannya Kemerdekaan Negara Republik Indonesia tahun 1945 oleh Ir Soekarno.

Desa Sungai Selari telah berdiri sejak zaman Belanda di bawah Pemerintahan Kerajaan Siak Sri Inderapura hingga saat ini dibawah Pemerintahan Daerah Kabupaten Bengkalis.
Desa Sungai Selari telah di diami oleh suku Melayu sebagai masyarakat asli tempatan yang kemudian berbaur berbagai suku (Cina, Batak, Jawa, Minang, Ambon, Bugis, dll) yang yang datang kemudian dengan berbagai kepentingan.
Secara geografis Desa Sungai Selari terletak di pesisir timur pulau Sumatera dan berhadapan dengan pulau Bengkalis yang dipisahkan oleh Selat Bengkalis,  Luas Desa Sungai Selari adalah + 48,00 KM² memiliki batas sebagai berikut       :
  • Sebelah Utara                  : Selat Bengkalis, Desa Buruk Bakul.
  • Sebelah Selatan               : Kelurahan Sungai Pakning.
  • Sebelah Barat                   : Kecamatan Mandau.
  • Sebelah Timur                  : Selat Bengkalis.
Dengan letak yang strategis, Desa Sungai Selari telah menjadi pusat jalur transportasi baik laut, darat, maupun udara. Pada jalur transportasi Laut, Pemerintah Kabupaten Bengkalis telah menyiapkan fasilitas pelabuhan ferry yang merupakan  akses jalur transportasi dari pulau Sumatera bagi masyarakat lokal maupun diluar Kabupaten Bengkalis. pada jalur transportasi Darat, Penngusaha Lokal telah Agen agen transportasi menuju Kota Dumai maupun Pekanbaru. begitu juga untuk jalur transportasi Udara PT Pertamina menyiapkan pelabuhan Udara yang kemudian dikelola bersama dengan Pemerintah Kabupaten Bengkalis.

Selain itu Pemerintah Kabupaten Bengkalis telah menetapkan Desa Sungai Selari sebagai pusat Pemerintahan Kecamatan Bukit Batu dengan membangun fasilitas perkantoran sebagai penunjang kinerja aparatur pemerintahan dalam melaksanakan pelayanan terhadap Masyarakat di Kecamatan Bukit Batu
Masyarakat Desa Sungai Selari berjumlah 3.823 jiwa (data sekretariat Daerah Kab. Bengkalis 2009)dengan berbagai macam mata pencaharian antara lain Nelayan, Petani, Karyawan Swasta, wiraswasta, Pegawai negeri,dll.

Masyarakat asli Desa Sungai Selari selalu mengedepankan sikap bersahabat sesuai dengan ada istiadat yang dipegang teguh secara turun temurun.

Dusun atau perkampungan dibawah desa sungai selari
  • Dusun Kampung baru
  • Dusun kelapa
  • Dusun Pulai Bungkuk
  • Dusun Kenanga


0 komentar:

Posting Komentar